Surat Keputusan Bersama 4 Menteri

1

Written on 11:08 PM by Gredinov Sumanta Malsad

Pasti diantara kita semua banyak yang tidak mengerti apakah itu Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri tentang Pemeliharaan Momentum Pertumbuhan Ekonomi Nasional Dalam Mengantisipasi Perkembangan Perekonomian Global. Sebenarnya kalau kita lihat dengan kacamata orang awam, SKB ini terlihat sebagai bentuk antisipasi pemerintah terhadapa kondisi ekonomi global yang sedang mengalami resesi, tapi SKB ini sangatlah tidak masuk akal kalau menurut saya pribadi.

Mari kita lihat di bawah ini

Pasal 3 menyebutkan, Gubernur dalam menetapkan upah minimum mengupayakan agar tidak melebihi pertumbuhan ekonomi nasional.

Jika kita garis bawahi, disana dituliskan agar penetapan upah minimum agar tidak melebihi pertumbuhan ekonomi nasional. Sebelum kita bahas lebih lanjut, marilah kita cari tau dulu apakah itu pertumbuhan ekonomi. Yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Faktor ekonomi yang mempengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi diantaranya adalah sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, dan keahlian atau kewirausahaan. Sedangkan yang dimaksud dengan Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi selama satu tahun.

Jadi, pendapat nasional sangat tergantung oleh yang namanya RTK, yaitu pendapat per rumah tangga. Pendapatan per rumah tangga itu bisa kita katakan sebagai jumlah pendapat perkapita anggota keluarga yang berada didalam suatu keluarga. Sedangkan yang dimaksud pendapatan perseorangan adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh setiap orang dalam masyarakat, termasuk pendapatan yang diperoleh tanpa melakukan kegiatan apapun.

Jika upah minimum disarankan untuk tidak melebihi pertumbuhan ekonomi nasional, menurut saya itu sangatlah salah. Dikarenakan dengan banyaknya pendapatan yang dihasilkan buruh, secara tidak langsung itu akan menunjang pertumbuhan ekonomi nasional kita. Sekarang, permasalahan disini adalah kebanyakan dari perusahaan itu kesulitan dalam menjual barang hasil produksi mereka. Kenapa? Karena kebanyakan perusahaan itu mengekspor hasil produksi mereka ke luar negeri. Sekarang, kenapa tidak kita buat sebuah perekonomian yang berputar didalam negeri ini? Negeri ini butuh apa, yang silahkan buat dan jual di dalam negeri. Dengan seperti ini, kita tidak perlu pusing-pusing karena barang hasil produksi kita tidak di terima oleh negara luar.


NB : Kenapa yah mahasiswa dikit yang peduli dengan SKB 4 menteri ini?? Atau karena mereka bukan dari kaum buruh ya?

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

1 Comment

  1. Anonymous |

    aku aja belum terlalu ngeh dengan SKB ini makanya aku cari tau
    mang sih kita mahasiswa belum ngrasain kerja tu gimana makanya kita gak bisa komen yang terlalu jauh dulu
    tapi mang peraturan tenaker di indo mang gak jelas si
    makanya tenaker kita gak ada yg bisa hidup layak di sini

     

Post a Comment

--------------------------------------------------------------------------------- -----------------------------------------------------------------------------------